Cara Membuat Mesin Pencacah Rumput Sederhana

Diposting pada

cara-membuat-mesin-pencacah-rumput

Cara Membuat Mesin Pencacah Rumput Pakan Ternak Sederhana Menggunakan Mesin Torak

zonakarya.com – Mesin ini merupakan mesin serbaguna untuk perajang hijauan, khususnya digunakan untung merajang rumput pakan ternak.

Pencacahan ini dimaksud untuk membuat rumput menjadi potongan kecil untuk mempermudah ternak dalam memakan rumput.

Mesin pencacah rumput pakan ternak ini menggunakan motor torak sebagai sumber tenaga penggerak. Mesin ini mempunyai sistem transmisi tunggal yang berupa sepasang pulley dengan perantara v-belt.

Saat motor torak dinyalakan maka putaran motor torak akan langsung di transmisikan ke pulley 1 yang di pasang seporos dengan motor torak.

Dari pulley 1, putaran akan di transmisikan ke pulley 2 melalui perantara v-belt, kemudian pulley 2 berputar, maka poros yang berhubungan dengan pulley akan berputar sekaligus memutar pisau pearajang.

Hal tersebut dikarenakan pisau perajang dipasang seporos dengan pulley 2.Pada mesintorak diberi setelan agar saat mesin dinyalakan pisau perajang tidak lamgsung ikut berputar.

Hal ini dimaksud untuk mengurangi beban awal putaran pada saat mesin dihidupkan.

Bagian-bagian pada mesin pencacah rumput ini meliputi : motor penggerak, poros, rangka, casing, sistem transmisi dan pisau perajang.

Perencanaan Alat Dan Bahan

Proses pembuatan mesin pencacah rumput pakan ternak ini menggunakan beberapa mesin beserta alat bantu yang sesuai dengan bentuk dari komponen yang akan dibuat.

Berikut ini ialah beberapa mesin beserta alat pendukung dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan mesin pencacah rumput pakan ternak antara lain :

1. Alat

  • Mesin las listrik digunakan untuk penyambungan dua bagian logam atau lebih dalam pembuatan rangka dan chasing mesin pencacah rumput.
  • ¬†Mesin gerinda potong digunakan untuk memotong logam pada rangka dengan lebih flexible.
  • Mesin gerinda tangan digunakan untuk menghaluskan permukaan benda kerja seperti bekas las yang kurang halus.
  • Mesin bor tangan digunakan untuk membuat lubang pada rangka mesin pencacah rumput.

2. Alat Ukur

  • Mistar Baja digunakan untuk mengukur rangka dan casing.
  • Mistar Gulung digunakan untuk mengukur benda yang besar.
  • mistar Siku digunakan untuk memeriksa kelurusan, kesikuan, dan kesejajaran dari benda kerja.

3. Bahan

  • Pengerak Mesin : Motor Torak
  • Profil Rangka : Profil Siku dan profil U
  • Sistem Transmisi Sabuk ( V-belt) dengan Puli
  • Poros : Besi
  • Pisau : Persegi Panjang
  • Chasing : Bulat lonjong
  • Bantalan (bearing): pillow block bearing
  • Saluran Masuk dan Pengeluaran : Persegi Panjang
  • Chasing : Plat Eyzer/Tabung
  • Penutup komponen berputar : Lonjong
  • Bahan Uji : Rumput

Rancangan Mesin Pencacah Rumput

Rancangan mesin pencacah rumput terdiri dari beberapa bagian yaitu Rangka, Poros, Pemotong/mata pisau, Rumah mata pisau, Corong, Pulli, bearing, v-belt dan motor penggerak.

Langkah Pembuatan Rangka

  1. Menggambar sketsa rangka dimaksudkan untuk mendesain gambar rangka mesin pencacah rumput agar lebih mudah dalam proses pembuatanya
  2. Proses Pengukuran dan Menandai Bahan proses ini bertujuan untuk penandaan ukuran bahan yang akan di potong  seperti penandaan pototongan rangka atas, rangka bawah, kaki rangka dan dudkan mesin penggerak.
  3. Proses pemotongan bahan proses ini setelah penandaan bahan selesai dan bisa di lakukan dengan mesin gerinda potong.
  4. Proses penyambungan bahan proses ini di lakukan setelah proses pemotongan bahan selesai kemudian bahan disambung menggunakan mesin las listrik.
  5. Proses pengeboran bahan proses ini dilakukan guna mendapatkan lubang-lubang dengan diameter yang diinginkan seperti lubang pada rangka atas diameter 12 mm 4 buah untuk dudukan bearing, diameter 14 mm 1 lubang untuk dudukan mesin penggerak, diameter 12 mm 4 lubang untuk mesin, dan 16 lubang diameter 12 mm untuk dudukan roda.
  6. Proses finishing proses ini bisa dilakukan menggunakan gerinda tangan untuk menghaluskan permukaan rangka atau bekas pengelasan.

Proses Pembuatan Poros

Proses pengukuran dan penadaan pada poros yang akan di potong ukur secara horizontal dengan ukuran 650 mm yang sudah diberi tanda kemudian di potong menggunakan mesin gerinda.

Proses Perakitan Mesin Pencacah Runput Pakan Ternak

mesin-pencacah-rumput

Pada proses ini dibilang sama dengan proses akhir dimana rangka yang sudah jadi digabungkan dengan mesin penggerak.

Kemudian juga pemasangan roda, pemasangan poros, pemasangan pisau, pemasangan bearing dll, melalui lubang yang sudah dibuat dengan mesin bor tadi kemudian dipasang dengan baut dan mur.

Pada langkah pembuatan yaitu setelah semua benda kerja sesuai, maka langkah selanjutnya merakit merakit semua benda kerja yang dibuat menjadi satu.

Pada proses pembuatan dapat diketahui kesalahan-kesalahan misalnya ukuran tidak pas, ukuran kebesaran atau kekecilan, benda kerja tidak siku dan lain sebagainya.

Tujuanya agar proses pembuatan benda kerja masih bisa diperbaiki jika terjadi kesalahan.

Hasil Analisa

Dari hasil analisa dapat disimpulkan untuk mesin pencacah rumput pakan ternak ini bisa menghasilkan potongan rumput 3 kg per menit.

Mesin pencacah rumput ini adalah mesin yang flexible bisa dibawa ke tempat yang tidak ada saluran listrik karena menggunakan motor torak berbahan bakar bensin.

Dan juga bisa dibawa kemana saja karena sudah dilengkapi roda untuk memudahkan para penggunanya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara membuat mesin pencacah rumput pakan ternak yang bisa anda coba sendiri untuk membuatnya.

Perlu diperhatikan langkah-langkah yang ada pada ulasan tadi, agar tidak terjadi kesalahan pengerjaan yang berakibat gagalnya pengerjaan mesin ini.

Perhatikan juga untuk bahab-bahan yang akan dibuat untuk mesin pencacah rumput ini, agar nanti hasilnya juga bisa maksimal.

Demikian ulasan cara membuat mesin pencacah rumput ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu anda yang ingin mempermudah dalam memberi pakan ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *